Tuesday, July 13, 2010

I'm so Gonna be a Javanese Bride!

Sebelum saya dipinang, saya sudah punya cita-cita: Saya akan menikah dengan adat Jawa. Gak peduli suami saya Jawa atau bukan, bahkan kalau bule sekalipun. Dan saya dengan sepenuh hati, fardu ain, akan melaksanakan semua rangkaian adat yang konon katanya ribet setengah mati itu. Setiap melihat prosesi upacara pernikahan adat Jawa, hati saya tersentuh, bergetar dan merinding. Sakral dan elegan sekali. Untuk segala adat jawa itu bisa dilihat di website ini

Untuk satu hal ini, saya tidak perlu melalui segala macam perdebatan sengit, mama saya setuju dengan hati bulat, papa saya tentunya ikut mama, dan si Abang iya-iya aja. Hore!



Lalu dimulailah pencarian vendor perias sekaligus pemangku adat Jawa ini. Dari berbagai sumber, ada beberapa nama yang cukup kondang disebut; mulai dari the legendary Ibu Tinuk Rifky, Ibu Kiky dari Puri Kamaratih, Anna Laksmono dan Ibu Anna Pramono dari Sanggar Herlina. Sempat tanya-tanya, akhirnya diputuskan untuk survey pertama di Puri Kamaratih. Dan saya tidak menyesal sama sekali.

Pertama ketemu Ibu Kiky di rumahnya, kesan saya: sangat njawani dan mriyayeni. Beliau langsung cascus ngomong bahasa Jawa kromo inggil sama mama. Dan saya? tentunya bengong-bengong bingung ngomong apa. Baru pertama ketemu beliau langsung memberikan berbagai wejangan untuk saya, dan juga mama. Hati ini rasanya langsung nyoss.. tentram dan rasanya langsung pengen sungkem sembah sujud. Hehe. Beliau langsung menjelaskan berbagai prosesi adat. Kami? ngangguk-ngangguk mendengarkan dengan seksama.

Berikutnya; my favorite part! beliau menunjukkan koleksi baju-bajunya. Jadi baju pernikahan jawa itu ada 3:

Solo Basahan



Pas liat bentuknya, abang langsung melakukan sumpah demi ibu pertiwi tidak akan menunjukkan dadanya kepada ratusan tamu di atas pelaminan. Baiklah, saya akan menurutinya. Saya juga gak mau abis itu disuruh ngerokin dia karena masuk angin. Padahal dodot itu keren sekali bukan teman-teman?

Solo Putri


Ini baju yang dipake mama papaku waktu menikah dulu! Saya juga mau make yang sama! (okay call me melancolic). Bajunya sopan kan.. gak akan ada yang protes.

Ternyata eh ternyata.. ada satu opsi lagi yang menurut saya perpaduan dari kedua hal ini:

Solo Basahan Keprabon


Pada dasarnya, ini ky baju solo basahan trus dikasi luaran. Sahabat saya bilang: ky maxi dress dikasi bolero. Hmm.. ya kasih deh. Hehe. Saya dapet dodotnya, Abang terbebas dari rasa malu dan hancurnya harga diri. Yeaay! problem solved!

Ibu Kiky langsung menyuruh saya mencoba pakaian Solo Bsahan Keprabon itu. Saya baru tahu kalau panjang dodot itu ada 5 m. Untuk makenya, total jendral buat cewe butuh 1,5 jam, cowo 1 jam. Untung makenya sekali seumur hidup doang. Dan pas saya nyobain, lihat diri saya di kaca. Saya terharu sendiri. Rien, ternyata beneran lho bentar lagi kamu akan menikah. Dan lirik-lirik mama.. koq mata mama lebih kerlap kerlip dari biasa ya? :)

Selesai coba-coba baju, saya langsung liat mama. Alhamdulillah saya ngerasa klop, dan saya yakin mama juga. Langsung nodong Bu Kiky, tanggal 3-4 Juni 2011 kosong ga? Daan.. kosong ternyata sodara-sodara! *nari-nari kegirangan*

Hore! Vendor pertama yang langsung cocok dan deal, langsung bayar DP. Bismillah.

Puri Kamaratih
Jl.Wirabakti A-23 Perum TNI-AU Waringin Permai
Jatiwaringin, Jakarta Timur
Phone: 0218629663, HP 08161839477

1 comments:

Priyandini Wulandari said...

"Dan pas saya nyobain, lihat diri saya di kaca. Saya terharu sendiri. Rien, ternyata beneran lho bentar lagi kamu akan menikah.."

kok gw jadi ikutan berinding ya bacanyaa,,

setujuuu.. dodot kerenn.. tapi ga suka banget sama rambut palsu cowonya!!

Post a Comment